Home » Smartphone » Harga Samsung Z1, Ponsel Tizen Perdana

Harga Samsung Z1, Ponsel Tizen Perdana

Harga Samsung Z1, Ponsel Tizen Perdana – Yang pertama kali kita perhatikan dari ponsel cerdas Samsung Z1 adalah tidak disematkannya nama Galaxy pada brand ini. Hal itu wajar saja karena ternyata Samsung Z1 tidak akan menggunakan sistem operasi Android seperti pada seri Galaxy.

Lantas pakai apa dong? Nah, Samsung Z1 akan menggunakan sistem operasi yang disebut Tizen – satu sistem operasi baru yang merupakan produksi in-house Samsung sendiri.

Samsung Z1 mempercayakan motor penggerak utama pada chipset Spreatrum SC7727S yang mengusung prosesor Dual-core 1.2 GHz dan unit pengolah grafis Mali-400MP.

Harga Samsung Z1

Harga Samsung Z1

Untuk memperlancar kinerja juga kemampuan melakukan multitasking Samsung Z1 akan dibekali dengan RAM sebesar 768 MB dan ruang penyimpanan berkapasitas 4 GB.

Ruang memori internalnya terlalu kecil? Jangan khawatir, Samsung sudah mempertimbangkannya dan memberikan slot microSD yang dapat anda isi dengan kartu memory hingga kapasitas maksimal mencapai 64 GB.

Sajian utama sistem operasi Tizen 2.3 akan disajikan dalam layar sentuh kapasitif dengan resolusi WVGA seluas 4 inchi dan untuk kelangsungan kinerja Samsung menyematkan baterai berkapasitas 1500 mAh.

Urusan jepret menjepret juga tidak ketinggalan, Samsung membekali perangkat ini dengan kamera utama 3.1 MP dan kamera depan VGA yang mungkin agak terasa kurang jika anda hobi selfie atau membutuhkannya untuk video call. Dipasangnya spesifikasi minimal pada bagian kamera Samsung Z1 terasa wajar karena harga yang dibandrol oleh Samsung untuk perangkat ini juga tidak terlampau tinggi.

Ketika pertama kali dilepas di India pada Bulan Januari 2015, Samsung Z1 dilepas dengan harga 1.2 Juta Rupiah. Harga ini nampaknya sesuai dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi namun memiliki kualitas ala Samsung.

Menurut kabar yang didapat mengenai laporan penjualan Samsung Z1 di India, handset ini awalnya agak sedikit tersendat-sendat meski akhirnya laris manis dengan melepas 50 hingga 55 ribu unit Samsung Z1 hanya dalam tempo dua minggu. Pencapaian ini sangat impresif karena pasar India amat bersaing dengan banyaknya ponsel cerdas kelas menengah yang dirilis di negara itu.

Tidak itu saja, sekitar 600 juta pengguna telepon genggam di negeri tersebut masih tetap setia dengan feature phone karena mementingkan fungsi dan tidak ingin menggantinya karena alasan biaya. Celah ini tentunya amat menggiurkan bagi produsen ponsel cerdas meskipun India bukanlah ladang emas yang mudah, karena gelontoran ponsel cerdas high-end tidak akan laris dijual di India.

Itu sebabnya Samsung Z1 sepertinya akan menuai sukses.