Home » Berita » Kinerja Prosesor, Dual Core, Quad Core, dan Octa Core

Kinerja Prosesor, Dual Core, Quad Core, dan Octa Core

Kinerja Prosesor, Sistem operasi merupakan inti pokok dari sebuah perangkat seperti komputer maupun smartphone. Karena, kinerja sebuah prosesor berfungsi memberi tugas pada seluruh sistem setiap komponen didalam sebuah perangkat tersebut.

Detailnya, prosesor merupakan inti dari sebuah perangkat sehingga menjadi keharusan untuk kita pelajari  agar sobat bisa menemukan sebuah perangkat yang didukung oleh sebuah prosesor berkecepatan optimal sehingga kinerjanya bisa menjamin kebutuhan para pemakainya. Lebih jelasnya berikut akan kami sampaikan tentang 6 Prosesor menurut jenis yang umum dalam sebuah perangkat android.

 

Jenis Prosesor yang Umum Di Android

 

 

1. Qualcomm Snapdragon

Qualcomm Snapdragon merupakan pabrikan moderen yang dikenal selalu sukses dalam menciptakan chipset handal dengan prosesor berkualitas tinggi. Chipset berkecepatan Qualcomm terlihat lebih mentereng dikelasnya. Terbukti dengan banyaknya produk smartphone kelas premium yang memakai jasa dari prosesor Qualcom-Snapdragon ini.

2. MediaTek

Prosesor MediaTek merupakan produsen yang khusus menukangi dalam memproduksi chipset dengan jumlah jam terbang lebih banyak serta berbanderol standar. Mulanya MediaTek dibilang tidak mampu melawan chipset Qualcomm sehingga semua orang banyak yang selalu meremahkan akan hasil kinerjanya.

Tetapi dengan teknologi yang dikembangkan, Mediatek hampir mampu menyaingi chipset bikinan Qualcomm, dengan jenis chipset terbarunya bernama Mediatek MT6735. System-on-Chip didalamnya berkecepatan hingga 64-bit dengan dukungan prosesor Quad-Core serta GPU dari ARM berteknologi 4G LTE.

3. Prosesor Intel

Prosesor Intel Atom mampu menghasilkan kinerja mumpuni, dengan teknologi unggulannya yakni thread yang membuat CPU Dual Core berpeforma serasa memiliki empat inti. Pabrikan dari vendor ternama dari Asus dan Lenovo adalah produsen yang paling banyak mengandalkan prosesor Intel ini.

5. Nvidia Tegra

Prosesor Nvidia Tegra merupakan chipset yang secara khusus dipakai oleh perangkat para penggemar game, sebab prosesor ini dapat mengoptimalkan jumlah Core yang stabil. Contohnya pada gadget yang didalamnya sudah terinstal berbagai game berat kesukaan sobat, maka semua inti prosesor keseluruhannya akan bekerja tetapi, untuk aplikasi ringan hanya akan memakai satu inti prosesor.

6. Exynos

Prosesor bikinan Samsung ini cenderung eksklusif sebab diciptakan khusus buat perangkat premium yang dirilis oleh pabrikan Samsung. Tidak heran jika performa yang dihasilkan hampir mampu menandingi prosesor dari Qualcomm, karena perangkat Samsung sudah dikenal diseluruh Dunia akan kualitas dan kehandalannya. Satu lagi,  Prosesor jenis Exynos sudah didukung GPU ARM Mali-400 MP4 yang handal dalam menukangi game – game 3D.