Home » Tips & Trick » Penyebab Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Cepat Panas

 

penyebab-laptop-cepat-panas

 

Penyebab Laptop Cepat Panas, Suhu panas pada Laptop atau Notebook biasanya disebabkan karena minimnya sirkulasi udara kurang baik. Contohnya pada laptop yang memiliki bentuk desain lebih tipis, komponen-komponen didalamnya otomatis lebih padat.

Dengan demikian pastinya juga sirkulasi udara didalamnya akan menjadi kurang, tidak seperti sirkulasi pada PC yang memiliki ruang sirkuasi lebih besar. Faktor penyebab lainnya adalah seperti yang akan kami sampaikan pada artikel dibawah ini.

Penyebab Laptop Cepat Panas

 

penyebab-laptop-panas

 

1. Terlalu Lama Menggunakan Laptop

Pemkaian Laptop dalam jangka waktu lama juga bisa membuat laptop cepat panas, sebab setiap komponen Laptop didalamnya akan bekerja ekstra sehingga pelan-pelan akan meningkatkan suhu didalamnya.

2. Kipas Laptop Tidak Berfungsi dengan Normal / Kotor

 

kipas-laptop-kotor
Kipas yang tidak berfungsi dengan normal pada laptop bisa juga menyebabkan suhu laptop panas, karena kipas berperan sangat vital untuk mengatur sirkulasi udara baik yang masuk dan udara yang keluar.

3. Salah Meletakkan Laptop

 

salah-meletakkan-laptop
Untuk yang ini, dikarenakan kurang pahamnya dalam mengoperasikan sebuah Laptop. Misalnya pemakaian laptop diatas kasur, bantal, sofa. Akibatnya sirkulasi udara yang dihasilkan akan terhambat karena tersumbat oleh bahan bagian luar alas tersebut yang lentur.

4. Memaksakan Processor Diluar Kemampuan
Penginstallan bermacam-macam aplikasi tanpa memperhatikan minimal kemampuan spesifikasi software tersebut, sehingga membuat laptop berjalan tidak sesuai dengan kapasitas didalamnya juga bisa membuat laptop cepat panas, bahkan laptop mati mendadak.

5. Pasta Processor Kering / Thermal Paste

 

pasta-processor
Thermal paste kering biasanya disebabkan karena usia Laptop yang sobat miliki sudah terlalu lama, sehingga lapisan pasta pada processor mengering. Solusinya, sobat disarankan segera melapisi bagian atas yang mengering dengan pasta processor yang baru.

Informasi pada artikel kami diatas kami kutip dari berbagai sumber terpercaya, dan bisa sobat pelajari untuk perawatan pengoperasian Laptop sobat sehari-hari. Sekian dan Terimah Kasih